Profil

af_1Kelompok peneliti Agroforestri di UB telah ada sejak tahun 1980an, berawal dengan penelitian “Managemen Nitrogen secara Biologi” di daerah transmigrasi Lampung, dimana agroforestri merupakan teknik utama yang ditawarkan untuk memperlambat degradasi kesuburan tanah, selanjutnya fokus penelitian berkembang ke masalah di skala landskap sejalan dengan berkembangnya isu perubahan iklim.

Hasil penelitian jangka panjang tersebut telah banyak diimplementasikan dalam system pendidikan di UB, dan telah disebarluaskan melalui pelatihan bagi para stakeholder dan melalui seminar ilmiah baik di tingkat nasional dan internasional.  Pada bulan Juli 2015, pengembangan semua kegiatan penelitian Agroforestri diwadahi dalam “Pusat Studi Agroforestri Tropik” melalui hibah program PHK-RG Tema C.

Visi dari Pusat Studi Agroforestri Tropika: menjadi pusat penelitian yang menjadi rujukan baik dalam lingkup nasional maupun internasional dalam hal pengelolaan lahan yang berbasis agroforestri terutama di wilayah tropika.

Misi Pusat Studi Agroforestri Tropika: mewujudkan kerjasama yang berkesinambungan dengan berbagai partner kerja, baik di tingkat nasional maupun internasional dalam rangka mengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada agroforestri.

Tujuan dari Pusat Studi Agrofoestri Tropika: menerapkan sistem dan konsep agroforestri dalam pengelolaan tanah dan lahan untuk mewujudkan kesehatan tanah guna mendukung swasembada pangan dan pembangunan rendah emisi melalui berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.